Senin, 14 Juli 2014

PERBAHASAN HURUF TA’RIF (HURUF YANG MEMA’RIFATKAN)

PERBAHASAN HURUF TA’RIF (HURUF YANG MEMA’RIFATKAN)


 
DEFISINI :
Huruf ta’rif adalah alif lam yang berfungsi mema’rifahkan suatu kalimat. Manakala menurut Imam Sibaweh :
Huruf ta’rifnya adalah lam saja, sedangkan hamzahnya merupakan hamzah washol dan huruf ziyadah untuk menolong mengucapkan huruf yang mati. Contoh : Lafaz اَلْمَنَطُ  .
PEMBAHAGIAN  أَلْ  TA’RIF
Pembahagian maknanya ALTa’rif yaitu : 
1-      AL lil Ahdiyyah
Ada tiga pembahagian Alif Lam Lil Ahdi :
a.  Alif Lam Lil Ahdi Dzihni
Yaitu apabila kalimah yang diikuti oleh alif lam itu telah ada dalam benak @ pengetahuan seseorang tanpa harus diungkapkannya. 
Seperti :إِذ هُمَا فِي الْغَارِ  (Ketika keduanya berada di gua itu). Maksudnya semua sedia maklum dan tahu, bahawa gua yang dimasuki dua orang itu (Rasulullah dan Abu Bakar) adalah Gua Tsur.  
   
b. Alif Lam Lil Ahdi Dzikri
Yaitu kalimah yang  kemasukkan AL sudah disebutkan ucapan itu sebelumnya.
Seperti : جَاءَنِي رَجُلٌ فَأَكْرَمْتُ الرَّجُلَ  (Aku telah bertemu dengan seorang lelaki maka aku memuliakan orang itu) .
c. Alif Lam Lil Ahdi Khudhuri
Yaitu apabila kalimah yang kemasukkan AL perkaranya itu hadir (ada).
Seperti :  أَكْرَمْتَ الرَّجُلَ   (Aku memuliakan lelaki (yang hadir ) itu ).
          اَلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ   (Pada hari ini (hari Arofah) telah aku sempurnakan bagimu agama kamu)
2. Al-Jinsiyyah
Yang terbahagi dua pembahagian yaitu : al-Istighroqiyyah dan al-Haqiqoh
a. Al-Istighroqiyyah
Al-Istigroqiyyah ini terbahagi kepada dua bahagian pertama Istighroqil Jinsi, dan kedua Istighroqil Afrod.
Pertama : Istighroqil Jinsi
Yaitu alif lam al-Istighroqil jinsi adalah tanda alif Lam pada istighraqiyyah tersebut layak didatangkan lafaz kullun (كُلٌّ ) pada kalimah yang didatangkan dengan alif Lam tersebut yaitu Al-Hamdu (segala puji itu) maka tamsilkan contoh yang lain agar kita  jelas yaitu خُلِقَ الإِنْسَانُ ضَعِيْفًا  (setiap individu manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah), maka diketegorikan ia istighraq afrad jinsiy (mencakup individu jenis). Dalam erti kata yang lain (dijadikan setiap individu manusia itu hal keadaan lemah).
Kedua : Istighroqil Afrod
Yaitu apabila tempatnya AL boleh ditempatkan lafaz (كُلٌّ ) secara Majaz. Istighroqil ini mencakupi individu khusus. 
Seperti : أَنْتَ الرَّجُلُ عِلمًا  (kamu seorang lelaki yang sempurna ilmunya) . (diucapkan كُلُّ الرَّجُلُ  ).
b. Al-Haqiqoh
Untuk mengistiqhroqil pada haqiqat suatu perkara yang hadir didalam hati tanpa memandang pada masing-masing individu (afrod) , dan lafaz yang dimasuki AL sama maknanya dengan alam jinis . 
Seperti contoh : الرَّجُلُ خَيْرُ مِنَ المَرْأَةِ  (Haqiqot seorang laki-laki itu lebih baik dibanding perempuan).

TASYJIIR KITAB AD-DURUS AN-NAHWIYYAH -1

Kitab Ad-Durus An-Nahwiyyah

































Tasyjiir Keseluruhan
Kitab Ad-Durus An-Nahwiyyah Jilid 3


P/s : Ini adalah Pengenalan Umum tayjiir (gambar rajah pokok) dari Kitab Ad-Durus An-Nahwiyyah Jilid 3 yang di paparkan alfaqir. bagi yang ingin memiliki kitab tersebut , boleh di miliki di link ini (Download ad-Durus an-Nahwiyyah). moga bermanfaat dan diberkati (^_^)

FILSAFAT ILMU NAHWU

 

Dalam kitab “Al Kawakib Al Durriyah” diceritakan, Syeikh Imam Al-Sonhaji, pengarang sebuah kitab nahwu, tatkala telah rampung menulis sebuah buku tentang kaidah nahwu yang ditulisnya dengan menggunakan sebuah tinta, beliau mempunyai azam untuk meletakkan karyanya tersebut di dalam air. Dengan segala sifat kewara’annya dan ketawakkalannya yang tinggi, beliau berkata dalam dirinya: “Ya Allah jika saja karyaku ini akan bermanfaat, maka jadikanlah tinta yang aku pakai untuk menulis ini tidak luntur di dalam air”. Ajaib, ternyata tinta yang tertulis pada lembaran kertas tersebut tidak luntur. Dalam riwayat lain disebutkan, ketika beliau merampungkan karya tulisnya tersebut, beliau berazam akan menenggelamkan tulisannya tersebut dalam air mengalir, dan jika kitab itu terbawa arus air berarti karya itu kurang bermanfaat. Namun bila ia tahan terhadap arus air, maka berarti ia akan tetap bertahan dikaji orang dan bermanfaat. Sambil meletakkan kitab itu pada air mengalir, beliau berkata : “Juruu Miyaah, juruu miyaah” (mengalirlah wahai air!). Anehnya, setelah kitab itu diletakkan pada air mengalir, kitab yang baru ditulis itu tetap pada tempatnya.
Itulah kitab matan “Al-Jurumiyah” karya Imam Al Sonhaji yang masih dipelajari hingga kini. Sebuah kitab kecil dan ringkas namun padat yang berisi kaidah-kaidah ilmu nahwu dan menjadi kitab rujukan para pelajar pemula dalam mendalami ilmu nahwu (kaidah bahasa Arab) di berbagai dunia. Selain ringkas, kitab mungil ini juga mudah dihafal oleh para pelajar.
Di sini penulis tidak hendak mengemukakan kaidah ilmu nahwu dengan segala pembagiannya. Yang akan penulis kemukakan adalah, bahwa di dalam kitab yang melulu membahas tata bahasa Arab, ternyata kalau dikaji lebih dalam lagi, ia memiliki filsafat-filsafat hidup dan nasehat yang sangat berharga bagi setiap generasi terutama bagi kita sebagai ummat Islam. Filsafat hidup yang termaktub dalam kitab itu sendiri merupakan “hukum” atas suatu kalam atau kalimat dalam ilmu nahwu. Berikut ini adalah contohnya:

Bersatu kita terhormat

Dalam ilmu nahwu, “dhommah” adalah salah satu tanda dari tanda-tanda rofa”. Secara lafdziah kata dhommah berarti bersatu. Sedang kata rofaberarti tinggi. Maksudnya, bila kita dapat bersatu dengan sesama, dapat menjaga kesatuan dan persatuan, dapat mempererat tali ukhuwah, bukan tidak mungkin kita akan menjadi umat yang terhormat dan tinggi (rofa’) di antara bangsa dan umat lain. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT :Bersatulah kalian pada tali (agama) Allah, dan janganlah kalian berpecah belah (Ali Imran: 103). Sementara untuk mendapatkan derajat tinggi harus memenuhi syarat, di antaranya adalah iman. Firman Allah SWT: Janganlah kalian merasa hina dan sedih, padahal kamu tinggi jika kamu beriman (Ali Imran: 139).
Ada beberapa keriteria sehingga orang bisa mendapatkan derajat rofa’ (tinggi). Sebagaimana dijelaskan dalam Al Jurumiyah, bahwa di antara kedudukan kalimat yang mendapat hukum rofa’ atau marfu’ (yang diberi penghargaan tinggi) adalah: fa’il, naib fa’il, mubtada’, khobar dan tawabi’ marfu(sesuatu yang mengikuti segala kalimat marfu’) seperti sifat (na’t), badal, taukid dan ‘atof. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Fa’il (aktivis). Bila kita ingin menjadi orang yang dihargai, tinggi dan tidak terhina, maka hendaklah kita berbuat, bekerja dan berusaha, tidak berpangku tangan atau hanya mengharap belas kasih orang lain. Hanya orang yang aktif dan pro aktiflah (fa’il) yang membuahkan karya-karya dan amal dan menjadi terhormat di lingkungannya. Firman Allah SWT: Dan katakanlah (hai Muhammad): Bekerjalah kalian! sesungguhnya pekerjaan kalian akan dilihat oleh Allah, RasulNya dan kaum mu’minin(At Taubah : 105). Sabda Nabi Muhammad SAW: “ tangan di atas (pemberi) lebih baik dari tangan di bawah(peminta)”.
2. Naib fa’il (mewakili tugas-tugas aktivis) adalah tipe kedua orang yang mendapat derajat tinggi. Meskipun ia berkedudukan sebagai wakil, tapi ia menjalankan pekerjaan yang dilakukan fa’il walau harus menjadi penderita dalam kedudukannya sebagai kalimat. Sebagai contoh dalam hal ini adalah sahabat Ali ra. Beliau pernah menggantikan Rasulullah di tempat tidurnya dengan resiko yang tinggi berupa pembunuhan yang akan dilakukan para pemuda musyrikin Makkah saat Rasulullah berencana melaksanakan hijrah ke Madinah. Contoh lain adalah para huffadz yang diutus Rasulullah untuk mengajarkan agama atas permintaan salah satu suku di jazirah Arab, namun nasib mereka naas dikhianati dan dibunuh para pengundang. Mendengar hal itu, Rasulullah pun membacakan do’a qunut nazilah sebagi rasa ta’ziyah. Dengan do’a dari Rasul tersebut, tentu saja mereka yang wafat mendapat kedudukan mulia di sisi Allah, juga oleh sejarah.
3. Mubtada (pioneer), orang yang pertama melahirkan ide-ide positif kemudian diaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat sehingga berguna bagi kehidupan manusia adalah orang yang pantas mendapat derajat rofa’ (tinggi). Oleh karena itu Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa memulai sunnah hasanah (ide positif dan konstruktif) maka baginya pahala dan pahala orang yang melakukan ide (sunnah) tersebut. Ada pepatah Arab mengatakan demikian:

الفضل للمبتدئ وان أحسن المقتدى

“Perhargaan itu hanyalah milik orang pertama memulai, walaupun orang yang datang kemudian dapat melakukannya lebih baik
4. Khobar (informasi). Mereka yang memiliki khobar (informasi) itulah orang yang menguasai. Demikian salah satu ungkapan dalam ilmu komunikasi. Di dunia ini sebenarnya tidak ada orang yang lebih banyak ilmunya dari seorang lain. Yang ada adalah karena orang itu lebih banyak mendapatkan dan menyerap informasi dari lainnya. Membaca buku, apapun buku itu, sebenarnya kita sedang menyerap sebuah informasi. Dan sebanyak itu informasi yang kita dapatkan sebesar itu pula kadar maqam kita. Informasi dapat kita peroleh melalui berbagai cara, termasuk di dalamnya pengalaman.
5. Tawabi’ Marfu (Mereka yang mengikuti jejak langkah orang yang mendapat derajar tinggi). Jelas, siapa saja yang mengikuti langkah dan perjuangan mereka yang mendapat derajat tinggi, maka mereka akan dihargai. Allah berfirman:Sungguh dalam diri Rasulullah ada suri tauladan yang patut ditiru bagimu. Ayat ini menegaskan kepada kita untuk mengikuti Rasulullah yang telah mendapatkan maqoman mahmuda (kedudukan terpuji) di sisi Allah agar kita mendapat hal yang sama di sisiNya. Di samping itu, salah satu orang yang akan mendapat derajat tinggi adalah para penuntut ilmu. Firman Allah SWT : Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antara kamu dan mereka yang diberi ilmu dengan beberapa derajat (Al Mujadalah: 11). Ilmu adalah warisan para nabi, dan siapa yang mengikuti (tabi’) langkah nabi ia akan mendapat kehormatan (rofa’)
Berpecah Belah Adalah Kerendahan
Tanda kasroh dalam ilmu nahwu adalah salah satu tanda hukum khofadh. Secara harfiah, kata kasroh bermakna pecah atau perpecahan. Sedangkan kata khofadh bermakna kerendahan atau kehinaan. Dengan demikian suatu umat akan mengalami kerendahan dan kehinaan apabila mereka melakukan perpecahan, tidak bersatu dan tidak berukhuwah. Wajar saja bila para musuh menyantap dengan lahapnya kekayaan kaum (muslimin) disebabkan mereka tidak mau bersatu dan menjaga persatuan. Inilah yang pernah dikhawatirkan oleh Nabi Muhammad SAW empat belas abad lalu, tatkala beliau menyatakan bahwa suatu saat umat Islam akan menjadi santapan umat lain seperti srigala sedang menyantap makanan. Para sahabat bertanya: “Apakah saat itu jumlah kita sedikit ?” Rasul menjawab: “Tidak, justru kalian saat itu menjadi mayoritas, tapi kualitas kalian seperti buih. Sungguh Allah akan mencabut rasa takut dari musush-musuh kalian kepada kalian dan Allah akan mencampakkan dalam diri kalian penyakit al-wahan”. Sahabat bertanya: “apakah penyakit al-wahan itu?” Rasul SAW menjawab: “cinta dunia dan takut mati”.
Dengan penyakit itulah, umat Islam mengalami perpecahan. Sebab yang diperjuangkan bukan lagi agama mereka, tetapi materi dan keduniaan yang pada akhirnya tidak lagi mengindahkan kekompakkan dan persatuan di antara sesama ummat Islam.
Di samping itu sifat buih, seberapa banyak dan sebesar apapun, ia akan terombang-ambing oleh angin yang meniupnya. Itulah tamsil umat Islam yang tidak memperkokoh persatuan.
Hal inilah yang diisyaratkan oleh Al-Sonhaji, bahwa penyebab segala isim (nama) menjadi makhfudh (rendah dan hina) adalah karena tunduk dan ikut-ikutan terhadap huruf khofad (faktor kerendahan). Atau dalam istilah nahwu lain, isim menjadi majrur (objek yang terseret-seret/mengikuti arus) karena disebabkan mengikuti huruf jar (faktor yang menyeret-menyeretnya) . Karena itu, hendaknya ummat Islam selalu menjadi ikan hidup di tengah samudera. Meskipun air samudera terasa asin, namun sang ikan hidup tetap terasa tawar. Sebaliknya, jika ummat ini bagaikan ikan mati, maka ia dapat diperbuat apa saja sesuai keinginan orang lain. Bila diberi garam ia akan menjadi ikan asin dan lain sebagainya.
Berusahalah, Maka Jalan Akan Terbuka
Dalam kaidah ilmu nahwu, di antara tanda nashob adalah fathah. Secara lafdziah, kata nashob bermakna bekerja dan berpayah-payah. Sedang kata fathah bermakna terbuka. Dalam hal ini, maka mereka yang mau bekerja dan berupaya serta berpayah-payah (nashob) dalam usaha, maka mereka akan mendapatkan jalan yang terbuka (fathah). Sesulit apapun problem yang dihadapi, jika berusaha dan berpayah-payah untuk mengatasinya, maka insya Allah akan menemukan jalan keluarnya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: Sesungguhnya Aku tidak akan menyia-nyiakan amal orang yang berbuat di antara kalian dari laki-laki dan wanita. (Ali Imran: 195). Dalam Kitab Diwan As-Syafi’i. Imam Syafi’i pernah menulis bait syair sebagai berikut:
سافر تجد عوضا عمن تفارقه # وانصب فان لذيذ العيش فى النصب
اني رأيت وقوف الماء يفسده # ان سال طاب وان لم يجر لم يطب
Pergilah bermusafir, maka anda akan dapatkan pengganti orang yang anda tinggalkan
Bersusah payahlah !, karena kenikmatan hidup ini didapat dengan bersusah payah (nashob).
Sungguh aku menyaksikan mandeg-nya air dapat merusakkan dirinya
Namun bila ia mengalir ia menjadi baik. Dan jika menggenang ia jadi tidak baik.

Dalam bait syair ini, Imam Syafi’i ingin menegaskan, bahwa orang yang berpangku tangan dan tidak mau bekerja keras akan menjadi rusak, bagaikan rusaknya air yang tergenang sehingga menjadi comberan yang kotor dan bau. Sebaliknya, bila ia mau bersusah payah dan bergerak maka ia bagaikan air jernih yang mengalir. Indahnya kenikmatan hidup ini terletak pada bersusah payah.
Bahkan al-Quran mengisyaratkan kepada kita untuk tidak berpangku tangan di tengah waktu-waktu senggang kita. Bila usai melakukan satu pekerjaan, cepatlah melakukan hal lain. Firman Allah SWT:
فاذا فرغت فانصب
“Dan jika kamu selesai (melakukan tugas), maka lakukanlah tugas lain (nashob)” (Al Insyiroh: 7).
Kepastian Akan Menimbulkan Rasa Tenang
Kaidah lain yang terdapat dalam ilmu nahwu adalah, bahwa di antara tanda jazm adalah sukun. Secara lafdziah, kata jazm bermakna kepastian. Sedang kata sukun berarti ketenangan. Ini mengajarkan kepada kita, bahwa kepastian (jazm) akan melahirkan rasa ketenangan (sukun). Orang yang tidak mendapatkan kepastian dalam suatu urusan biasanya akan merasakan kegelisahan. Sebagai contoh seorang remaja yang ingin melamar seorang gadis kemudian tidak mendapatkan kepastian, dia akan mengalami kegelisahan. Demikian juga orang yang hidupnya sendiri, ia tidak mendapatkan ketenangan. Oleh karena itu Allah SWT mengisyaratkan kita agar mempunyai teman pendamping dalam hidup ini agar mendapat ketenangan. Firman Allah SWT:
ومن آياته ان خلق لكم من أنفسكم أزواجا لتسكنوا اليها
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan Allah adalah Ia menjadikan bagimu pasangan dari jenismu (manusia) agar kalian merasa tenteram kepadanya” (Ar Rum: 21).

Wallahu’alam
*) H. Muhammad Jamhuri, Lc MA. Adalah Alumni Pondok Pesantren Daarul Rahman Angkatan 11 (th 1990), Kini tinggal di Kota Tangerang dengan amanah sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asy-Syukriyyah-Tangerang/
*) Makalah ditulis di Makkah Al Mukarramah, Rabu 5 Sya’ban 1421H/1Nopember 2000 M


٤- جدول النحوالأربعة في أنواع إعراب الأربعة وعلاماته الأصليّة والفرعيّة لكتاب الكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة

JADUAL AL-KAWAKIB AD-DURRIYYAH (4)
Klik untuk membesarkannya



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Alhamdulillah .. ini adalah jadual yang keempat (4) dan terakhir dari kitab nahu al-Kawakib ad-Durriyyah pada tajuk :
باب معرفة علامة الإعراب
Perbahasan lebih lanjut mengenai jadual (4) al-Jazm ini .. .sila rujuk kitab :
الكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة
Dan alfaqir juga meletakakan bersama al-jazm dengan mulahazhoh al-'ammah didalam jadual bagi menyimpul kesemua empat jadual yang sebelumnya. Dan kepada siapa yang mahu copy bahan ini. al-faqir mempersilakan .... mg bermanfaat dan diberkati.

P/s: Jika ada komentar & kesalahan yang terdapat dari jadual diatas. diharap ditegur dan bimbingan akan al-faqir. doakan alfaqir pada posting jadual akn datang... mg dimudahkan urusan dan masa yang dilapangkan oleh Allah s.w.t

جدول النحو الثالث في أنواع إعراب الأربعة وعلاماته الأصليّة والفرعيّة لكتاب لكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة




JADUAL AL-KAWAKIB AD-DURRIYYAH (3)



klik pd gambar jika ingin membesarkan



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Alhamdulillah .. ini adalah jadual yang ketiga (3) dari kitab nahu al-Kawakib ad-Durriyyah pada tajuk :
باب معرفة علامة الإعراب
Perbahasan lebih lanjut mengenai jadual (3) الخفض ini .. .sila rujuk kitab :
الكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة
Dan kepada siapa yang mahu copy bahan ini. al-faqir mempersilakan .... mg bermanfaat dan diberkati.

P/s: Jika ada komentar & kesalahan yang terdapat dari jadual diatas. diharap ditegur dan bimbingan akan al-faqir. doakan alfaqir pada posting jadual akn datang... mg dimudahkan urusan dan masa yang dilapangkan oleh Allah s.w.t


جدول النحو الثاني في أنواع إعراب الأربعة وعلاماته الأصليّة والفرعيّة لكتاب لكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة



klik pd gambar jika ingin membesarkan


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Alhamdulillah .. ini adalah jadul yang Kedua (2) dari kitab nahu al-Kawakib ad-Durriyyah pada tajuk :
باب معرفة علامة الإعراب
Perbahasan lebih lanjut mengenai jadual (2) (النصب) ini .. .sila rujuk kitab :
الكواكب الدّرّية على متّمة الأجروميّة

Dan kepada siapa yang mahu copy bahan ini. al-faqir mempersilakan .... mg bermanfaat dan diberkati.

P/s: Jika ada komentar & kesalahan yang terdapat dari jadual diatas. diharap ditegur dan bimbingan akan al-faqir. doakan alfaqir pada posting jadual akn datang... mg dimudahkan urusan dan masa yang dilapangkan oleh Allah s.w.t


(علامات الاسم) TANDA-TANDA ISIM


Bismillahir rahmanirrahim…

Alhamdulillah posting kali ini, alfaqir akan melanjutkan perbahasan mengenai
(علامات الاسم) tanda-tanda isim.

Sebagaimana yang terangkum didalam Mutammimah Ajurumiyyah yaitu pengarangnya Syeikh Syamsuddin Muhammad Araa’ini bagi kita mengenal tanda-tanda sesuatu itu Isim adalah melaui 5 (lima) tanda:
فَالاسْمُ يُعْرَفُ بِالإِسْنَادِ إِلَيْهِ بِالْخَفْضِ وَبِالْتَّنْوِيْنِ وَبِدُخُوْلِ الأَلِفِ وَاللاَّمِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ.
Isim dapat diketahui (dari tanda-tanda berikut) : melalui isnad ilaih, melalui khafadh (huruf akhirnya di-jarkan) dan tanwin, juga dengan menerima alif dan lam, dan huruf khafadh (jar)”.

Secara Ringkasnya alfaqir menerangkan, agar pembaca memahami dengan jelas tentang 5 (lima) tanda-tanda Isim diatas:

Pertama : Isnad atau musnad ilaih.
Isnad atau musnad ilaih antaranya yaitu Fa’il, Mubtada, atau Naibul fa’il. Contohnya :

1- نَصَرَ زَيْدٌ(Zaid telah menolong)
Lafazh نَصَرَ fi’il madhi dan زَيْد menjadi fa’il.
Manakalah lafazh نَصَرَ ini merupakan مسند (Musnad) dan زَيْدٌ adalah مسند إليه (Musnad ilaih).

2- زَيْدٌ مَنْصُوْرٌ (Zaid orang yang ditolong)
Lafazh زَيْدٌ Mubtada dan مَنْصُوْر menjadi khabar.
Manakala مَنْصُوْر ini isim yang musnad dan زَيْدٌ pula adalah Musnad ilaih.

3- نُصِرَ زَيْدٌ (Zaid telah ditolong)
Lafaz نُصِرَ fi’il madhi mabni lil-majhul, sedangkan زَيْدٌ menjadi naibul fa’il .
Maka lafazh زَيْدٌ itu adalah Musnad ilaih-nya.


Kedua: al-Khofadh
Al-Khofadh adalah ibarah daripada Mazhab Kufah, manakalah al-Jarr adalah ibarah dari Mazhab Basrah. Khofadh/Jarr adalah ungkapan tentang kasroh yang ditimbulkan oleh suatu amil ataupun yang mewakilinya. Seperti harokat kasroh yang munsharif (menerima tanwim) pada huruf ra’ pada kata
(بَكْرٍ ) dan (عَمْرٍو ) , contohnya :

مَرَرْتُ بِبَكْرٍ ( Saya melewati Bakr)
هَذَا كِتَابُ عَمْرٍو (Ini adalah buku Amr)

Atau daripada contoh sesuatu yang mengantikan daripadanya kasroh antaranya pada :

- melalui fathah pada isim ghair munsharif (tidak menerima tanwim), seperti : بِجَعْفَرَ .
- Ya Tatsniyah seperti : بِالزَّيْدَيْنْ
- Ya Jamak mudzakkar salim seperti : مِنَ المُؤْمِنِيْنَ dan sebagainya dari hal-hal lainnya.

Ketiga : Melalui tanda Tanwin
* (alfaqir sudah jelaskan diposting terdahulu mengenai tanwin) (klik di sini-التنوين )

Keempat : dengan masuknya Alif dan Lam (ال ) pada awal kata tersebut.
Seperti : (الرِّجُلُ ) (lelaki itu) , (الغُلاَمُ) (anak itu), (البَيْتُ ) (rumah itu) .
Semua kalimat/kata diatas ini adalah isim, kerana masing-masing dari kata awalnya itu diawali dengan (ال ).

Kelima : Huruf Khofadh (Jarr)
Mengenai huruf khofadh/Jarr, alfaqir sudah menjelaskan posting terdahulu yaitu Huruf Jarr dan pembahagiannya, (klik disini bagi mendalaminya-HURUF JARR) maka alfaqir akan memberikan satu contoh daripada huruf jarr sebagai pengulangan yaitu : مِنْ dan إلى .

ذَهَبَ الطَّالِبُ مِنَ الْبَيْتِ إِلَى المَدْرَسَةِ (Pelajar itu pergi dari rumah (menuju) ke Sekolah)

- Maka antara tanda-tanda isim itu adalah huruf Khofadh/Jarr yang masuk pada kalimah isim sebagaiaman contoh diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar